Selasa, 06 April 2010

Carburetor,kalbulator,karbu,kalbu.. (episode 1)

Sambil ngisi waktu senggang,gak ada salahnya toh ngutak-ngatik karbu,pake ilmu ngawur juga gak masalah,kalo gak enak hasilnya tinggal tuntun motor ke bengkel betulan :lol:



Singkatnya adalah part yang bertugas nge-mix bbm dan udara..prosesnya,disaat piston di cylinder melakukan langkah isap,bbm dalam mangkok karbu terisap naik melalui pilotjet atau mainjet masuk kedalam cylinder,karena udara nyang terisap melalui venturi karbu mengangkat nya naik lalu mendorong nya kedalam ruang bakar.
Jadi..semua part didalam karbu harus lah berkerja sebagaimana mestinya agar AFR:air fuel ratio senantiasa seimbang(sesuai ratio permintaan pembakaran)


Selanjutnya mari kenalkan,dia adalah Pilot jet(PJ)dan satunya Mainjet(MJ)
PJ atau pilot jet tugasnya adalah menyetir pesawat jet.. :mrgreen: .. Bukan agrh.. Tugasnya adalah penyuplai bbm di putaran rendah~menengah,artinya:semenjak mesin di starter hidup isapan udara dari venturi karbu akan membawa bbm dari mangkuk karbu melalui PJ,part ini bertugas dari rpm rendah sampai rpm menengah..
Selanjutnya kenalkan dia adalah Main jet (MJ) adalah part penyuplai airfuelmix pada putaran rpm menengah sampai atas.
Jadi kalo mau ganti ukuran PJ MJ setelah mengganti knalpot ke tipe racing kita dah tau letak nya.

Bukan hanya saat berganti ke knalpot racing aja kita harus ganti pj mj,seperti; oversize,overbore,merubah rasio kompresi,dan melapas filter udara juga perlu ganti pj mj..(nyetting nya berlanjut ke episode2 ya)
..

SETTING AFR via Pilot air screw dan Throttle stop screw
Wis..jan..bahasa bule semua ini.. :mrgreen:
Begini nyetting nya:
Putar grip gas sampai pada seperempat putaran,lalu tahan.selanjutnya putar Pilot air screw kekanan sampai mentok,nah tiba2 suara mesin tadi akan turun sendirinya,jaga jangan sampai mati dengan nambah putaran gas lalu tahan lagi,jika sudah putar kembali pilot air screw kekiri secara perlahan sambil menemukan suara rpm tertinggi(karna seiring diputar pilot air screw kekiri rpm akan naik lalu turun lagi) kita cari suara rpm paling tinggi(pertanda setting selesai,AFR yang bagus udah ketemu)
Pilot air screw: skrup pengatur udara dari venturi karbu(mulut karbu)
Throttle stop screw:skrup pengatur naik turun nya rpm via skep
..
Bad: berlanjut ke episode 2,tentang nyetting pj mj + knalpot racing dan membahas bekas pembakaran di busi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar